Welcome to My Blog!

Thursday 25 July 2013

Pregnancy

Suatu hari aku membeli majalah Cosmopolitan edisi III/2013. Aku membelinya karena tertarik dengan bonus Rainbow Bag. Namun baru sekarang aku membaca majalah tersebut. Majalah Cosmopolitan dengan tema "Pregnancy" ini menguak jawaban-jawaban yang bikin aku penasaran tentang masa kehamilan. Pantasnya majalah tema kehamilan ini akan kuberikan kepada Cici Fenny yang sedang hamil. Sebelum memberikan majalah ini, aku mau merangkumnya di Postingan kali ini. *Maklum..aku takut kelupaan suatu hari nanti*




A. Kandungan produk kecantikan yang harus dihindari
 Dari dulu aku sangat penasaran sama produk kecantikan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Kalo suatu hari nanti aku Stop memakai produk kecantikan yang biasa kupakai karena masa kehamilan, bisa-bisa buatku kebingungan harus ganti produk seperti apa @_@. Untung deh majalah Cosmopolitan membahas soal satu ini. So, produk yang harus dihindari oleh Bumil adalah :
  • -          Parabens = bahan kimia ini digunakan sebagai pengawet agar produk kecantikan memiliki masa pakai lebih lama.
  • -          Phthalates= seringkali digunakan sebagai bahan pernis yang membuat cat kuku tampil berkilau
  • -          Sodium Lauryl Sulphate (SLS)/ Sodium Laureth Sulphate (SLES)= merupakan bahan yang mampu membentuk buih/busa, diduga sebagai penyebab kanker.
  • -          Formaldehyde= kebanyakan ditemui dalam kandungan pewarna kuku, berfungsi agar cat kuku tahan lama.
  • -          Toluene= digunakan sebagai bahan pelarut pada cat kuku yang membuatnya mudah untuk diaplikasikan.
  • -          Dibutyl Phthalate (DBP)= bahan ini telah dilarang oleh Uni Eropa karena dicurigai sebagai penyebab terjadinya cacat lahir. Biasanya bahan ini ada pada kandungan peawarna kuku.
  • -          Diethanolamine (DEA) = Biasa ditemui sebagai salah satu kandungan pada sampo dan banyak produk kecantikan lainnya.

Beberapa bahan kimia yang telah terbukti dapat mengganggu perkembangan janin seperti :
  • -          Salicylic acid = biasa ditemui pada produk obat jerawat
  • -          Vitamin A= biasa ditemui pada produk perawatan kulit
  • -          Retinoid, retinol, atau tretinoin = biasanya memiliki dosis cukup tinggi pada sebuah produk, seperti pada krim antiaging
  • -          Hydroquinone = biasa ditemui pada produk pencerahan kulit.

Jadi, produk yang terbaik adalah produk yang memiliki pH-Balance, Soap Free, dan Fragrance free. Mengatasi problem jerawat kandungan benzoyl peroxide masih bisa digunakan asal kadarnya tidak lebih dari 5%. (hal.53-54)



B. Kalsium itu penting!!

Ternyata saat mengandung kita butuh kalsium loh, karena kalsium dibutuhkan untuk membantu pembentukan tulang janin dan mengurangi risiko kelahiran premature/ kematian saat lahir. Kalsium adalah mineral yang tak dihasilkan tubuh secara alami, jadi harus disuplai dari makanan sehari-hari. Kalsium dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan otot, namun bagi Bumil berfungsi untuk tumbuh kembang janin *tulang, otot, gigi*. Parahnya lagi bisa beresiko menagalami osteoporosis pada Ibu hamil, sebab bila tubuh Anda dan Si Janin kekurangan kalsium, maka ia akan mengambil dari tulang Anda. Ini bisa mengurangi massa tulang sehingga lebih mudah rapuh.
Kandungan supelemen vitamin kalsium jumlahnya relatif kecil sekitar 300-400mg. Kandungan tertinggi didalam segelas susu sekitar 300mg. Kalsium dari sumber lain bisa didapatkan dari produk susu dan turunannya seperti yogurt & keju, brokoli, bayam, kedelai, buah jeruk, ikan salmon, ikan sarden , kacang-kacangan, serta biji-bijian. Umumnya orang dewasa membutuhkan asupan kalsium sebesar 1000mg/ hari; Wanita hamil & menyusui berusia >24 th membutuhkan 1200mg; Wanita berusia < 24 th membutuhkan 1200-1500mg/hari; Anak-anak berusia < 18 th membutuhkan 1300mg/hari. Vitamin D *spt :telur dan ikan/ sinar matahari pagi* bisa memaksimalkan manfaat kalsium dalam tubuh anda.  (Hal.132-135)

C. DIY Natural Skin Care

Bahan-bahan di dapur juga bisa untuk dijadikan skin care. Namun tergantung mood kalo membuat DIY Skin care seperti ini. Tergantung kita males apa kagak buatnya. Bahan-bahan natural juga cepet basi dalam waktu singkat.
Pembersih wajah = Madu + Yogurt tawar


  +       


Toner= Teh Chamomile dingin + Jus Apel


Scrub wajah= Almond tumbuk+Madu+ jus jeruk


Masker wajah= Almond oil+madu+timun tumbuk
(Hal.55)


Sebetulnya masih banyak tips dan info di Cosmopolitan pada tema kali ini. Tips dan info dari Cosmopolitan juga membahas tentang baby maupun produk, tapi aku males mengetik di blog. Baiknya si baca langsung majalahnya kalo emang penasaran.Xixixi…


Referensi gambar dari 
http://kubujegeg.wordpress.com/





1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...